Sunday, January 29

Bank Indonesia Laksanakan Seminar Peningkatan Investasi Daerah Tahun 2021

Bank Indonesia
Tjhai Chui Mie, SE, MH, mengikuti Seminar Peningkatan Investasi Daerah secara virtual (22/6/2021).

ProkopimSkw – Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie, SE, MH, mengikuti Seminar Peningkatan Investasi Daerah secara virtual, Selasa (22/6/2021).

Pada agenda yang dilaksanakan oleh Bank Indonesia Perwakilan Kalimantan Barat tersebut, ikut serta Bupati Sambas, Bupati Ketapang, Wakil Wali Kota Pontianak, Rektor Universitas Tanjungpura Pontianak, dan juga beberapa pemangku kebijakan dari Tingkat Provinsi maupun kabupaten/kota, akademisi/pelaku usaha serta perwakilan beberapa instansi vertikal dan perbankan.

Seminar yang dilaksanakan dengan tema “Upaya Optimalisasi Peluang Investasi dalam rangka Peningkatan Infrastruktur dan Pengembangan Industri di Provinsi Kalimantan Barat” menghadirkan Gubernur Kalimantan Barat yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Kepala DPMPTSP Provinsi Kalimantan Barat sebagai Keynote speaker.

Tujuan diselenggarakannya acara Seminar Peningkatan Investasi Daerah Tahun 2021 adalah untuk memberikan gambaran pemikiran, konsep, pengalaman, strategi serta menjadi sarana sharing dan diskusi dalam rangka peningkatan investasi di Provinsi Kalimantan Barat untuk mendukung pertumbuhan ekonomi secara berkelanjutan.

Mengutip dari arahan Gubernur Kalimantan Barat, perencanaan pembangunan di Kalimantan Barat berfokus pada percepatan peningkatan infrastruktur seperti membuka kawasan dengan menambah panjang jalan, membangun jembatan, peningkatan kualitas jalan, percepatan pembangunan pelabuhan, mendorong peningkatan produksi listrik untuk meningkatkan rasio elektrifikasi, penambahan pasokan air bersih dan perluasan lapangan hijau, serta pengembangan infrastruktur khuus untuk menopang program hilirisasi industri.

Pengembangan infrastruktur tersebut didukung dengan upaya peningkatan kualitas pelayanan publik dengan prinsip-prinsip Good Governance, peningkatan sumber daya manusia yang sehat, produktif dan inovatif juga menjadi faktor penting dalam menarik investor. Untuk mendukung akselerasi peningkatan infrastruktur dan peningkatan kapasitas pelayanan tersebut, juga tidak dapat dilakukan hanya dengan mengandalkan kapasitas fiskal pusat dan daerah, sehingga diperlukan upaya peningkatan investasi (public private partnership) baik melalui PMA (Penanaman Modal Asing) maupun PMDN (Penanaman Modal Dalam Negeri).

Pengembangan terhadap minat investor perlu terus dipacu, untuk itu diperlukan sinergi dari berbagai pihak untuk dapat meningkatkan share investasi bagi pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Barat. Dengan diselenggarakannya kegiatan ini diharapkan dapat menambah pemahaman dan terjalinnya hubungan baik untuk meningkatkan koordinasi di antara pemangku kebijakan baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, kademisi/peneliti, serta praktisi/pelaku usaha yang saling bersinergi dalam upaya peningkatan investasi di Kalimantan Barat. Lebih lanjut peningkatan minat investasi di Kalimantan Barat tersebut akan semakin membuka peluang terciptanya lapangan usaha baru, sehingga dapat mendukung penyerapan tenaga kerja dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Kalimantan Barat.

Daftar Artikel : Pelantikan Jabatan Fungsional di Lingkungan Pemerintah Kota Singkawang

Penelusuran terkait
fungsi bank indonesia | sejarah berdirinya bank indonesia | pendaftaran bank indonesia | bank indonesia karir | informasi tentang bank indonesia | berita bank indonesia | kurs tengah bank indonesia | paper bank indonesia