Sunday, January 29

Hari Kesehatan Nasional ke-58 : Momentum Ingatkan Masyarakat akan Kesehatan

Tampak Irwan Wakil Wali Kota Singkawang sedang memberikan hormat dan sekaligus menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) di halaman Dinas Kesehatan dan KB Kota Singkawang.

Prokopim Singkawang – Wakil Wali Kota Singkawang, Irwan Bertindak selaku Inspektur Upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) di halaman Dinas Kesehatan dan KB Kota Singkawang, Sabtu (12/11/2022).
Hari Kesehatan Nasional Tahun 2022 merupakan peringatan yang ke-58 dengan mengusung tema “Bangkit Negeriku Sehat Indonesiaku”.

Tema ini dipilih sebagai ekspresi bangkitnya semangat, optimisme dari seluruh lapisan masyarakat Indonesia yang sudah bersinergi saling bahu-membahu dalam menghadapi situasi kesehatan dimasa Pandemi Covid-19.

“Dengan semangat serta rasa optimis yang tinggi maka masyarakat Indonesia dapat kembali beraktivitas, produktif dan bangsa Indonesia telah membuktikan dirinya sebagai bangsa yang tangguh”, kata Irwan saat membacakan sambutan Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin.

Baca Juga : Kementerian Pelancongan Sarawak ke Singkawang, Pemkot Singkawang Siap Kerjasama

Irwan mengatakan bahwa HKN ke-58 menjadi momentum menuju reformasi di sektor kesehatan melalui perwujudan pelayanan yang lebih prima, cepat, luas dan menyeluruh demi kebangkitan Indonesia.

“Hal itu dilakukan melalui transformasi kesehatan dengan 6 pilar antara lain transformasi Layanan Kesehatan Primer, transformasi Layanan Rujukan, tansformasi Sistem Ketahanan Kesehatan, transformasi Sistem Pembiayaan Kesehatan, transformasi SDM Kesehatan, dan transformasi Teknologi Kesehatan,” kata Irwan.

Lebih lanjut Irwan mangatakan bahwa Meski dihadapkan pada prioritas penanganan Covid-19, pada saat yang sama pemerintah juga terus melakukan upaya penanganan masalah kesehatan lainnya yang merupakan program prioritas nasional. Seperti penurunan Angka Kematian lbu (AKl) dan Angka Kematian Bayi(AKB), menurunkan angka stunting pada balita, memperbaiki pengelolaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), serta meningkatkan kemandirian penggunaan produk farmasi dan alat kesehatan dalam negeri.

“Semua capaian itu, tentu tidak terlepas dari dukungan dan semangat dari seluruh lapisan masyarakat yang saling melindungi dan saling berbagi, termasuk juga ulama, tokoh agama serta para tokoh adat yang aktif mendampingi masyarakat,” lanjut Irwan.

Dalam kesempatan tersebut, Irwan menyampaikan terima kasih dan penghargaan dari Menteri Kesehatan kepada Insan Kesehatan yang telah bahu-membahu berjuang tanpa mengenal lelah dalam melaksanakan Pembangunan kesehatan Indonesia.

“Perjuangan kita masih panjang, saya berharap semua insan Kesehatan agar Terus mendorong terbangunnya gerakan masyarakat Hidup Bersih dan Sehat antaranya melalui Konsumsi makanan bergizi seimbang dan melakukan aktivitas fisik setiap hari dan mencuci tangan dengan sabun. Terus mendorong masyarakat untuk memeriksa Kesehatan secara rutin, baik pemeriksaan Ibu Hamil, pemantauan tubuh kembang Belia, Imunisasi, pemeriksa penyakit-penyakit sesuai siklus Hidup. Terus mengembangkan diri serta organisasi dalam kompetensi memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat,” harap Irwan.

Selesai upacara, Wakil Wali Kota Singkawang didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kota Singkawang memotong tumpeng dan dilanjutkan dengan perlombaan peragaan busana yang ditampilkan oleh beberapa perwakilan tenaga kesehatan se-Kota Singkawang.