Sunday, January 29

Irwan : Hari Santri Milik Kita Semua, Sambutannya Pada Hari Santri Nasional

Hari Santri Nasional
Tampak Wakil Wali Kota Singkawang Drs. H. Irwan, M.Si memberikan penghormatan bersama seluruh santri pada saat menaikan bendera merah putih ketika saat merayakan hari santri nasional.

Prokopim  Singkawang – Upacara peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2022 di Kota Singkawang berlangsung khidmat dan lancar dipimpin Wakil Wali Kota Singkawang, Irwan di Pondok Pesantren Ushuludin Singkawang, Sabtu (22/10/2022).

Dalam upacara tersebut, Wakil Wali Kota Singkawang, Irwan membacakan sambutan dari Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas.

Baca Juga : SMPN 14 Singkawang bikin bangga, Juara 1 Lomba Cerdas Cermat se-Kalbar

“Saudara-saudara santri di seluruh Tanah Air yang saya banggakan. Dalam suasana memperingati Hari Santri tanggal 22 Oktober 2022, marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, semoga rahmat, berkah, dan perlindungan-Nya senantiasa menyertai kita semua,” kata Menag Yaqut Cholil Qoumas dalam sambutan yang dibacakan Wakil Wali Kota Singkawang.

Menag menyampaikan, Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri. Penetapan 22 Oktober merujuk pada tercetusnya “Resolusi Jihad” yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Resolusi Jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 November 1945 yang kita peringati sebagai Hari Pahlawan.

Sejak ditetapkan pada tahun 2015, kita pada setiap tahunnya selalu rutin menyelenggarakan peringatan Hari Santri dengan tema yang berbeda.

“Untuk tahun 2022 ini, peringatan Hari Santri mengangkat tema Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan,” kata Irwan.

Maksud tema Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan adalah bahwa santri dalam kesejarahannya selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan Indonesia. Ketika Indonesia memanggil, santri tidak pernah mengatakan tidak. Santri dengan berbagai latar belakangnya siap sedia mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara.

Disampaikan Menag, peringatan Hari Santri bukanlah milik santri semata, hari santri adalah milik kita semua, milik semua komponen bangsa yang mencintai tanah air, milik mereka yang memiliki keteguhan dalam menjunjung nilai-nilai kebangsaan.

“Karena itu, saya mengajak semua masyarakat Indonesia, apapun latar belakangnya, untuk turut serta ikut merayakan Hari Santri. Merayakan dengan cara napak tilas perjuangan santri menjaga martabat kemanusiaan untuk Indonesia,” ucapnya.

Melalui momen Upacara Peringatan Hari Santri Tahun 2022 ini, mari kita bersama-sama mendoakan para pahlawan terutama dari kalangan ulama, kiai, santri yang telah syahid di medan perang demi kemaslahatan bangsa dan agama.

“Semoga arwah para pahlawan bangsa ditempatkan yang terbaik di sisi Allah subhanahu wa ta’ala. Amin. Saya selaku Menteri Agama patut menyampaikan terima kasih juga kepada seluruh elemen masyarakat dari Sabang sampai Merauke yang hari ini sedang bersukacita merayakan Peringatan Hari Santri 2022,” lanjutnya.