Sunday, January 29

Site Visit Tim Pelaksana PDF KPBU Proyek Bandar Udara Singkawang

Bandar Udara Singkawang
Tampak Tjhai Chui Mie,S.E., M.H meninjau Pelaksanaan Site Visit Tim Pelaksana Fasilitas PDF Proyek Bandar Udara Singkawang (28/9/2021).

ProkopimSkw – Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie, SE, MH dampingi Pelaksanaan Site Visit Tim Pelaksana Fasilitas PDF Proyek Bandar Udara Singkawang, Selasa (28/9/2021).

Adapun tim pelaksana Fasilitas PDF Proyek Bandar Udara Singkawang yang diterima adalah Direktur PDPPI Kementerian Keuangan, Kasubdit Sistem Penyelenggaraan & Pengusahaan Bandar Udara Dirjen Perhubungan Udara, Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara Tebelian Sintang, serta Deputi Direktur Inisiasi Bisnis PT. PII Jakarta.

PDF (Project Development Facility) adalah fasilitas yang diberikan oleh Kementerian Keuangan untuk membantu PJPK (dalam hal ini adalah Kementerian Perhubungan yang akan membangun Bandara di Kota Singkawang) dalam menyusun kajian prastudi kelayakan, dokumen lelang dan mendampingi PJPK dalam transaksi dalam proyek KPBU.

Wali Kota bersama Kepala Bappeda, Kadis PUPR, Kadis Perhubungan, Kadis Parpora dan Plt. Kadis Kominfo mendampingi tamu meninjau lokasi Bandar Udara Singkawang dan lokasi rencana jalan akses bandara yang telah disiapkan oleh Pemerintah Kota Singkawang serta membawa rombongan melihat situasi Kota Singkawang.

Kegiatan site visit ini adalah kegiatan yang dilakukan oleh tim pelaksana Fasilitas PDF untuk mendapatkan informasi secara langsung dari lokasi kegiatan dan mendapatkan informasi pendukung dari Pemerintah Kota Singkawang untuk melengkapi kajian studi kelayakan dan dokumen lelang yang disusun oleh PT. PII sehingga bisa digunakan oleh Kementerian Perhubungan sebagai tahapan proses pembangunan dengan sistem KPBU (Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha).

Tjhai Chui Mie mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Perhubungan dan Kementerian Keuangan yang telah memfasilitasi proses KPBU hingga saat ini telah memasuki tahapan penyusunan PDF. Untuk saat ini pembangunan bandar udara Kota Singkawang masih menggunakan dana APBN dari Kementerian Perhubungan dan telah berproses. Ia berharap, sambil menunggu tahapan KPBU selesai dan siap dilanjutkan oleh Badan Usaha, Pemerintah Pusat terus menggangarkan anggaran untuk pembangunan Bandar Udara Kota Singkawang secara bertahap.

Kementerian Perhubungan melalui Kasubdit Sistem Penyelenggaraan & Pengusahaan Bandar Udara Dirjen Perhubungan Udara menyampaikan bahwa pada prinsipnya Pemerintah Pusat dan Daerah berkolaborasi untuk membangun suatu bandar udara dan memberi kesempatan kepada Badan Usaha untuk ikut serta dalam pembangunan. Untuk dukungan tahap awal yang diberikan oleh Pemerintah Pusat, adalah memberikan dukungan pada fasilitas sisi udara. Sementara untuk fasilitas sisi darat akan ditawarkan kepada Badan Usaha dalam bentuk KPBU.

Ia mengatakan bahwa Proyek KPBU Bandar Udara Singkawang akan disampaikan di Dubai Expo pada bulan Januari 2022. Diharapkan dengan ditawarkannya proyek tersebut ke Dubai Expo, investor asing dapat masuk ke Indonesia dan bisa menambah nilai untuk Bandar Udara Singkawang.

Daftar Artikel : Wali Kota saksikan pertandingan Turnamen Liga Pedagang “Mooncake Cup”