Sunday, January 29

Wali Kota Singkawang Berbagi Pengalaman Saat Pemulihan Ketika Terkonfirmasi Covid-19

Wali Kota Singkawang
Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie, S.E, M.H berdialog bersama Dr. Boyke secara virtual sharing tentang Saat Pemulihan Ketika Terkonfirmasi Covid-19 (30/6/2021).

ProkopimSkw – Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie, SE, MH, berbagi pengalaman beliau saat terkonfirmasi Covid-19 saat diwawancarai oleh Dr. Boyke secara virtual, Rabu (30/6/2021).

Webinar yang dilaksanakan oleh JakTV dan Electronic City ini memiliki tema pembahasan tentang “Pentingnya Memastikan Kebersihan Udara dalam Rumah untuk Kesehatan Keluarga”. Pada sesi wawancara dengan Dr. Boyke, Wali Kota Singkawang berbagi pengalaman dan tips sebagai penyintas Covid-19 dan momen saat pemulihan ketika beliau dan keluarga terkonfirmasi Covid-19 tahun lalu.

Ibu Wali Kota menyampaikan bahwa salah satu kunci dari kesehatan adalah kebersihan. “Saat sakit itu kita harus jaga kebersihan, baik itu kebersihan pikiran maupun lingkungan. Kebersihan pikiran itu maksudnya adalah jangan jadikan beban pikiran, penyakit ini adalah musibah tetapi bukan aib. Karena itu yang saya tanamkan dalam pikiran saya adalah semangat untuk cepat pulih dan sembuh. Saat itu saya mengambil sisi baiknya, yaitu saya dapat banyak waktu bersama keluarga. Sehingga pada momen itu saya dan keluarga berkumpul dan membersihkan rumah bersama. Kami upayakan setiap ruangan selalu ada udara segar dan cahaya matahari bisa masuk untuk mengurangi kelembaban.”

Covid-19 ini adalah penyakit yang menyerang saluran pernafasan, karena itu disarankan agar kita selalu menghirup udara yang segar, dengan memperhatikan sirkulasi udara sehingga tidak menimbulkan suasana yang pengap dan sumpek.

Di masa pandemi Covid-19, penting menerapkan protokol kesehatan dengan rajin membersihkan tubuh usai beraktivitas di luar ruangan. Namun, menjaga kebersihan lingkungan juga tidak kalah pentingnya sebab hal itu juga akan berpengaruh pada kondisi tubuh.

Kebersihan lingkungan yang harus dijaga selama masa pandemi salah satunya adalah rumah, karena rumah merupakan tempat berlangsungnya aktivitas. Kondisi rumah dengan sanitasi yang baik, serta lingkunga sekitar yang bersih dan sehat menjadi kunci dalam mendukung pola hidup yang bersih dan sehat.

Dengan menjaga kualitas udara, beberapa manfaat tentu bisa didapatkan. Dengan sirkulasi udara yang baik, tentu bisa akan menjadi jalur masuk cahaya matahari. Sinar matahari pagi menjadi salah satu sumber vitamin D yang bisa membentuk daya tahan tubuh manusia.

Beberapa tips untuk menjaga udara tetap bersih dan segar di Rumah adalah antara lain memperhatikan sirkulasi udara, menjaga kebersihan benda di dalam rumah, memelihara tanaman hias, dan jika memungkinkan bisa gunakan produk pembersih udara.

Wali Kota Singkawang berpesan kepada masyarakat untuk mengikuti anjuran Pemerintah agar menerima vaksin serta terus menerapkan protokol kesehatan.Semoga wadah pandemi Covid-19 cepat berakhir.

Daftar Artikel : Mendagri Minta Agar Insentif Untuk Tenaga Kesehatan Dalam Penanganan Covid-19 Disalurkan