Sunday, January 29

Wali Kota Singkawang Tekankan Untuk Tingkatkan Kualitas Reformasi Birokrasi

Wali Kota Singkawang
Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie, SE, MH sedang mendengarkan paparan dari hasil Evaluasi Penilaian Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Evaluasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Pemerintah Kota Singkawang (14/06/2021).

ProkopimSkw – Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie, SE, MH menerima paparan hasil Evaluasi Penilaian Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Evaluasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Pemerintah Kota Singkawang di Ruang Rapat Wali Kota, Senin (14/6/2021).

Paparan yang disampaikan oleh Inspektur Kota Singawang tersebut dihadiri oleh seluruh Kepala OPD serta Camat se-Kota Singkawang secara langsung, dan dihadiri secara daring oleh jajaran OPD di instansi masing-masing.

Sebagaimana tercantum dalam Surat Menpan-RB, No : B/409/AA.p5/2021 tanggal 31 Maret 2021, hasil evaluasi atas Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Kota Singkawang Tahun 2020 memperoleh nilai 60,63 atau predikat “B”. Wali Kota Singkawang mengucapkan terima kasih atas capaian tersebut dan berharap hasil tersebut bisa dipertahankan dan bahkan ditingkatkan kedepannya.

Khusus evaluasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Tahun 2020 Kota Singkawang, masih dalam Kategori “CC”. Dari hasil paparan oleh Inspektur, diketahui masih ada 17 OPD yang memiliki hasil penilaian belum memuaskan.

Maka dari itu Wali Kota Singkawang meminta agar Kepala OPD segera melakukan evaluasi dan menindaklanjuti rekomendasi dari Menpan-RB untuk mengoptimalkan penilaian Reformasi Birokrasi Kota Singkawang tahun berikutnya.

Beliau mengatakan bahwa hasil penilaian atas laporan tersebut akan berbanding lurus dengan tingkat kepuasan masyarakat terhadap apa yang sudah dilakukan oleh Pemerintah, karena Reformasi Birokrasi erat kaitannya dengan pelayanan masyarakat.

Strategi dari Tjhai Chui Mie kedepannya untuk memacu meningkatnya kinerja OPD adalah dengan memberikan reward kepada setiap OPD yang dinilai mampu berikan kinerja yang baik dan punishment kepada OPD yang mengalami penurunan kinerja.

Pesan beliau untuk kita semua dalam bekerja, “Sebernarnya sederhana, ubah mindset, cintailah pekerjaanmu dan kerjalah dengan rasa tanggung jawab. Inovasi akan muncul jika kita ikhlas dan menyenangi pekerjaan”.

Daftar Artikel : Ngabayotn, Warisan Budaya Tak Benda di Kota Singkawang