Tuesday, May 14
Shadow

Peran Pengawasan Sangat Penting Untuk Menjamin Tercapainya Visi Misi Kepala Daerah

Peran Pengawasan
Wali Koa Singkawang, Tjhai Chui Mie berfoto bersama dengan kepala daerah lain Sutarmiji : Peran Pengawasan Sangat Penting Untuk Menjamin Tercapainya Visi Misi Kepala Daerah (10/06/2021).

ProkopimSkw – Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie, SE,MH menghadiri kegiatan Rapat Koordinasi Pengawasan Intern Keuangan dan Pembangunan Tingkat Provinsi Kalimantan Barat yang diselenggarakan oleh Kantor BPKP Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalimantan Barat, Kamis(10/6/2021).

Kegiatan yang menghadirkan Kepala Daerah, Sekda dan Inspektur se- Kalimantan Barat dibuka oleh Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, SH, M.Hum dan menghadirkan Deputi Kepala BPKP RI, Inspektur Jenderal Kemendagri, serta Kepala Satgas Koordinasi dan Supervisi Pencegahan KPK RI sebagai narasumber.

Gubernur Kalimantan Barat mengingatkan agar Kepala Daerah harus teliti dalam melakukan perencanaan dan penganggaran, terutama di masa pandemi Covid-19 ini.
“Saya selalu mewanti-wanti kepada Sekda, Kadinkes, Badan Keuangan harus hati-hati dalam penganggaran, terutama masalah penentuan harga karena khusus untuk Covid-19 harga reagen berubah-ubah.”, ucap beliau.

Maka dari itu menurut beliau, Kepala Daerah perlu melakukan penguatan di Inspektorat, Bappeda, dan Badan Keuangan Daerah. Khusus Inspektorat, beliau meminta agar Inspektur yang dipercaya oleh Kepala Daerah harus berani,karena pentingnya peran pengawasan intern dalam mengawal keselarasan visi-misi Kepala Daerah dengan perencanaan dan penganggaran program di daerah.

Dengan berlakunya UU Nomor 23 Tahun 2014, APIP (Aparat Pengawas Internal Pemerintah) mempunyai kewenangan yang besar. Sehingga dalam melakukan pengawasan dan kontrol, audit wajib dilaksanakan terlebih dahulu apabila ditemukan temuan atau kendala. Apabila tidak menemukan solusi, beliau meminta agar Inspektur bisa berkoordinasi dengan BPKP dalam pemecahan permasalahan yang dialami.

Di akhir sambutan, beliau menyampaikan agar Kepala Daerah jangan ragu dalam mengeluarkan kebijakan-kebijakan untuk menjalankan visi misi nya selama proses perencanaan, pelaksanaan dan pertanggungjawaban sudah sesuai dengan peraturan yang berlaku untuk mempercepat penyerapan anggaran dan selaras dengan pembangunan di daerah.

Daftar Artikel : Ngabayotn, Warisan Budaya Tak Benda di Kota Singkawang