Wednesday, December 7

Selayang Pandang

GEOGRAFIS

Secara astronomis, Kota Singkawang terletak antara 0֯44’55,85” sd 01֯0’01’21,51” Lintang Utara dan 108051’47,6”sd109010’19” Bujur Timur. Secara geografis luas wilayah Singkawang meliputi 504 kilometer persegi. Berdasarkan letak administratif, Kota Singkawang memiliki batas-batas : Utara – Kabupaten Sambas, Selatan – Kabupaten Bengkayang, Barat – Laut Natuna, Timur – Kabupaten Bengkayang.

Kota Singkawang merupakan kota pantai sekaligus perbukitan. Ini adalah perpaduan topografi yang sangat unik. Bahkan Gunung Besar yang ada di bagian selatan kota langsung menyentuh bibir pantai Laut Natuna. Gugusan pegunungan di wilayah Singkawang Selatan yang membentang dari Gunung Poteng disebelah timur hingga Gunung Besar di barat memberikan kesan indah dan sejuk bagi kota ini. Bahkan beberapa bukit jauh menyentuh ke dalam bagian kota yaitu Gunung Sari (305 m) dan Gunung Roban (212 m). Selain di kawasan pegunungan dan perbukitan di bagian selatan tersebut, sebenarnya topografi Kota Singkawang umumnya datar yaitu dengan kemiringan antara 0 – 8 %. Kawasan dengan kemiringan 0-8 % ini terhampar di bagian utara dan barat kota di wilayah Kecamatan Singkawang utara dan Singkawang Barat serta sebagian besar Singkawang Tengah. Kawasan dengan kemiringan rendah ini umumnya terletak pada ketinggian antara 0-12 meter di atas permukaan laut.

Iklim mikro Kota Singkawang termasuk iklim tropis dengan udara lebih sejuk dari Kota Pontianak karena fisiomorfologinya yang unik. Curah hujan kota ini cukup tinggi yaitu rata-rata 2.780 mm pertahun dengan rata-rata 134 hari hujan pertahun. Curah hujan relatif tinggi terjadi pada bulan April – Juli dan Oktober-Desember dengan curah hujan maksimum 490 mm terjadi pada bulan Desember dengan 20 hari hujan. Keadaan iklim mikro di Kota Singkawang dapat dikatakan tidak menentu dengan suhu udara berkisar antara 21,8 derajat celcius sampai 30,05 derajat celcius, dan masih dipengaruhi oleh angin muson dan perubahan iklim laut.

Kondisi hidrologi Kota Singkawang sangat dipengaruhi oleh topografi kota yang sangat datar di utara dan barat serta bergelombang hingga pegunungan di bagian timur dan selatan. Puluhan sungai yang mengalir di wilayah Kota Singkawang semuanya berhulu di gugusan pegunungan di bagian selatan kota. Sebagian sungai mengalir ke utara dan bermuara di Sungai Selakau, sebagian lagi mengalir ke barat bermuara di Laut Natuna. Sungai Singkawang merupakan salah satu sungai yang bermuara di Laut Natuna dan melewati pusat kota. Sungai Singkawang ini berhulu di Gunung Roban, sebagian airnya juga berasal dari Gunung Poteng. Di selatan, Sungai Sedau, Sungai Jintan dan Sungai Merah mengalir langsung ke Laut Natuna dan umumnya berhulu di beberapa kawasan pegunungan seperti Gunung Jintan, Gunung Sijangkung, Gunung Pasi, Gunung Besar dan lain-lain.