Friday, May 3
Shadow

Perhatian Dari Menteri Parekraf RI Untuk Kota Singkawang

Kota Singkawang
Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie berfoto bersama menteri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Bapak Sandiaga Uno di Gedung Sapta Pesona Lt. 1 Kantor Pusat Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kretif RI (15/06/2021).

ProkopimSkw – Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie, SE, MH menemui Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Bapak Sandiaga Uno di Gedung Sapta Pesona Lt. 1 Kantor Pusat Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kretif RI, Selasa (15/06/2021).

Wali Kota Singkawang mendapat kehormatan bersama Kepala Daerah lain dari Kabupaten Jember, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Kabupaten Nias Utara, dan Kabupaten Toba untuk hadir langsung berdiskusi dengan Menteri dalam acara dengan Rapat Kolabor-Aksi Pemerintah Daerah dengan Menparekraf.

Menteri Parekraf / Badan Parekraf RI mengapresiasi kehadiran Wali Kota Singkawang karena pada kesempatan tersebut Wali Kota Singkawang adalah satu-satunya Kepala Daerah yang bisa hadir memenuhi undangan dari Kemenparekraf. Menurut beliau ini menunjukkan keseriusan dan komitmen Kepala Daerah untuk mengembangkan nilai pariwisata di daerah yang dipimpinnya.

Menteri Parekraf Sandiaga Uno menyarankan melakukan inovasi manajemen destinasi pariwisata dengan menjual potensi alam yang dipadukan dengan budaya dan kearifan lokal yang ada di daerah masing-masing sehingga mampu meningkatkan nilai jual dari daerah masing-masing.

Wako Singkawang mendapat kesempatan untuk memaparkan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif di depan Menteri. Dalam paparannya, beliau menyampaikan bahwa Kota Singkawang sudah memiliki satu event yang masuk dalam Kalender Pariwisata Nasional yaitu Cap Go Meh. Wako Singkawang juga menyampaikan permohonan bantuan kepada Menteri Parekrarf, salah satu permohonan bantuan yang diusulkan oleh Wako Singkawang adalah bantuan untuk pengembangan kawasan wisata hutan mangrove serta pengembangan Gedung Singkawang Creative Hub.

Sebagai Kota Tertoleran se-Indonesia, Sandiaga Uno meminta Wako Singkawang untuk membuat event festival berskala internasional dengan konsep Bhinneka Tunggal Ika yang yang menghargai perbedaan dan menjunjung tinggi persatuan.

“Sudahi narasi memecah belah bangsa, karena kunci dari pemulihan ekonomi nasional ialah bersatu padu dan berkolaborasi demi kesejahteraan rakyat Indonesia. Dan, kunci untuk menang melawan Covid-19 adalah dengan menggerakkan dan memulihkan perekonomian.” demikian yang disampaikan Sandiaga Uno dalam rapat tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, Kemenparekraf menyatakan bahwa pihaknya siap bersinergi bersama dan membantu pengembangan pariwisata di daerah, baik dari aspek tata kelola destinasi, tata kelola atraksi, capacity bulidling, carrying capacity maupun visitor management.

Daftar Artikel : Polda Kalbar Lakukan Asistensi Dan Supervisi Percepatan Penanganan Covid-19 Di Kota Singkawang