Sunday, May 12
Shadow

Mengenang Tragedi Mandor Pada Hari Berkabung Daerah

Tragedi Mandor
Drs. H. Irwan, M.Si Wakil Wali Kota Singkawang menghadiri kegiatan Peringatan Hari Berkabung Daerah secara Virtual bersama Plt. Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Singkawang dan jajaran di Ruang Rapat Bumi Bertuah (28/06/2021).

ProkopimSkw – Wakil Wali Kota Singkawang Drs. H. Irwan M.Si menghadiri Peringatan Hari Berkabung Daerah secara Virtual bersama Plt. Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Singkawang dan jajaran di Ruang Rapat Bumi Bertuah, Senin (28/06/2021).

Upacara Hari Berkabung Daerah tahun ini dilaksanakan secara virtual di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar dan mengusung mengusung tema “Dengan Semangat Hari Berkabung Daerah, Kita Perkokoh Persatuan dan Kesatuan Untuk Tetap Tegaknya NKRI dan Menjaga Agar Tidak Meluasnya Wabah Virus Covid-19.”

Hari Berkabung Daerah Kalbar untuk mengenang peristiwa pembantaian massal yang dilakukan oleh Tentara Jepang kepada masyarakat Kalbar termasuk para tokoh-tokoh Kalbar yang dicurigai akan memberontak terhadap kependudukan Jepang.

Peristiwa yang lebih dikenal sebagai Peristiwa Mandor adalah peristiwa yang terjadi dari tanggal 23 April 1943 sampai dengan 28 Juni 1944 yang telah mengakibatkan gugurnya puluhan ribu. Peringatan Hari Berkabung Daerah telah ditetapkan dalam Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Barat Nomor 5 Tahun 2007 untuk menghormati dan melestarikan nilai-nilai perjuangan para tokoh dan rakyat Kalimantan Barat dari berbagai elemen Masyarat melawan penjajah.

Mari kita ikut mengibarkan bendera setengah tiang untuk memperingati Hari Berkabung Daerah setiap tanggal 28 Juni, sebagai bentuk penghormatan kita kepada korban tragedi Peristiwa Mandor.

Daftar Artikel : Semangat Perang Melawan Narkoba (War on Drugs) Di Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional

Penelusuran terkait
makalah peristiwa mandor,peristiwa penculikan dan pembantaian besar besaran yang dikenal dengan tragedi mandor,peristiwa mandor berdarah 1944,sejarah lengkap makam juang mandor,tragedi mandor dipimpin oleh,mengapa peristiwa tragedi mandor berdarah disebut sebagai insiden yang memilukan,tokoh tragedi mandor,peristiwa mandor dipimpin oleh