Tuesday, May 7
Shadow

Ngabayotn, Warisan Budaya Tak Benda di Kota Singkawang

Ngabayotn
Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie bersama Katherine Angela Oendoen menyaksikan kegiatan Ritual Adat Ngabayotn Sabinuo Garantukng Sakawokng 2021 di Rumah Patamuan Adat Kelurahan Bagak Sahwa (12/6/2021).

ProkopimSkw – Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie, SE, MH menghadiri acara Ritual Adat Ngabayotn Sabinuo Garantukng Sakawokng 2021 di Rumah Patamuan Adat Kelurahan Bagak Sahwa, Sabtu (12/6/2021).

Turut hadir pula di acara tersebut Anggota DPR RI, Katherine Angela Oendoen dan Anggota DRPD Provinsi Kalimantan Barat, Aleksander, S.Ag, Forkopimda Kota Singkawang, serta tamu VIP lainnya.

Ngabayotn adalah ritual upacara tutup tahun yang diselenggarakan oleh masyarakat Suku Dayak Salako di Desa Bagak, Kecamatan Singkawang Timur. Upacara ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menyampaikan rasa syukur, terutama atas hasil panen padi di kalangan masyarakat suku Dayak Salako.

Ritual kali ini adalah yang pertama kali diadakan setelah 5 (lima) tahun lamanya tidak dilakukan. Pada Ngabayotn tahun ini, dilaksanakan Ritual Nyangohotn yaitu pengesahan pengangkatan Kepala Binua baru. Kemudian dilanjutkan RItual Narokng untuk menyampaikan kepada para leluhur dan Jubata dan mohon restu untuk Marsianus Kodim, SH sebagai Kepala Binua yang baru.

Pada Tahun ini Ritual Adat Ngabayotn Sabinuo Garantukng Sakawokng merupakan ritual untuk melantik Kepalo Binuo Garantukng Sakawokng yaitu Marsianus Kodim, SH.

Beliau merasa bangga bahwa masyarakat Kota Singkawang selalu menjaga budaya, adat istiadat yang beraneka ragam di Kota Singkawang dan tetap menjaga persaudaraan, saling menghargai dan menghormati satu dengan yang lain.

Beliau memandang acara ini merupakan event kebudayaan yang bisa dimaksimalkan sebagai salah satu event pariwisata di Koa Singkawang, dan berharap kedepannya acara ini bisa berinovasi sedemikian rupa dan semakin menarik. Karena itu Pemerintah Kota akan selalu siap mendukung bersama seluruh unsur masyarakat untuk mengembangkan dan mempromosikan Ritual Ngabayotn ini menjadi lebih dikenal oleh masyarakat Indonesia.

Daftar Artikel : Sagatani Siap Dikembangkan Sebagai Daerah Agrowisata Di Kota Singkawang