Monday, April 29
Shadow

Wakil Wali Kota ingatkan agar Guru selalu tingkatkan kompetensi

Asesment Kompetensi Metodologi
Wakil Wali Kota Singkawang Drs. H. Irwan, M.Si membuka secara resmi kegiatan diklat Asesment Kompetensi Metodologi di Dayang Resort (1/11/2021).

Prokopimskw – Wakil Wali Kota Singkawang, Drs. H. Irwan, M.Si membuka secara resmi kegiatan diklat Asesment Kompetensi Metodologi di Dayang Resort, Senin (1/11/2021).

Kegiatan dihadiri oleh Ketua Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), Dewan Pengawas SMK Provinsi Kalimantan Barat, Ketua MKKS se-Kalbar, Ketua Dewan Pendidikan Kota Singkawang serta seluruh peserta se-Kalbar.

Wakil Wali Kota mengapresiasi diadakannya pelatihan ini, ia menilai bahwa pelatihan ini memiliki tujuan untuk memenuhi tantangan pasar global ASEAN yang dikenal dengan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Pemerintah menginginkan agar tenaga kerja khususnya para guru memiliki kompetensi profesi yang telah disertifikasi untuk menjaga terjaganya dan meningkatnya kualitas dan mutu para tenaga pendidik. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan tenaga pendidikan yang profesional. Karena ia menilai bahwa kualitas Sumber Daya Manusia adalah kunci keberhasilan pembangunan bangsa.

Irwan memberi semangat kepada para guru, dimana di masa pandemi Covid-19 memiliki tantangan yang sangat berat dikarenakan interaksi dengan siswa semakin berkurang dan diharuskan melakukan kegiatan mengajar secara virtual. Oleh karena itu para guru diharuskan untuk meningkatkan kemampuan penerapan teknologi, serta harus bisa mengimplementasikan gaya mengajar yang baru agar menjadi menarik dan dapat diterima oleh siswa.

Ia mengingatkan bahwa peran guru harus semakin vital agar tidak tergerus oleh teknologi. Karena teknologi tidak dapat menggantikan peran guru. Interaksi antara pengajar dan pelajar bukan hanya sekedar memperp;ej pengetahuan, tapi juga tentang nilai, kerja sama serta kompetensi. Mari, kita bersama mewujudkan dunia pendidikan Kota Singkawang yang berkualitas.

Daftar Artikel : HKTI Kalbar laksanakan vaksinasi massal di Kota Singkawang