Sunday, April 28
Shadow

Wakil Wali Kota terima kunjungan Kepala Pusat Kerukunan Umat Beragama

Kepala Pusat Kerukunan Umat Beragama
Wakil Wali Kota Singkawang Drs. H. Irwan,M.Si bersama Dr. H. Nifasri, M.Pd Kepala Pusat Kerukunan Kemenag RI di Rusen Kopi Tiam Kota Singkawang (24/09/2021).

ProkopimSkw – Wakil Wali Kota Singkawang, Drs. H. Irwan, M.Si menerima kunjungan Kepala Pusat Kerukunan Kemenag RI, Dr. H. Nifasri, M.Pd, Jumat (24/9/2021).

Wakil Wali Kota mengajak kepala PKUB Kemenag RI mengelilingi kota Singkawang dan singgah ke Masjid Raya, Vihara Tri Dharma Bumi Raya dan diakhiri dengan berdiskusi santai di Warung Kopi Rusen sambil melihat kondisi sore hari di Kota Singkawang.

Irwan mengatakan bahwa dengan kondisi pandemi Covid-19 saat ini, silaturahmi harus tetap dijaga. Selain kesehatan jasmani, kesehatan rohani harus tetap dijaga pula agar kita bisa selalu bersyukur dan selalu bahagia karena itu juga akan meningkatkan imun.

Sebagai Kota Tertoleran di Indonesia, Irwan mengatakan bahwa Kota Singkawang memiliki struktur sosial kultural yang unik dan sulit ditemukan di daerah lain. Toleransi bukan hanya menjadi kebutuhan pribadi, keluarga maupun masyarakat Kota Singkawang tetapi juga merupakan kebutuhan bangsa.

Karena itu Irwan mengundang agar pihak Kemenag RI bisa mengirimkan para peneliti untuk menggali nilai-nilai yang ada pada Kota-Kota Toleran yang ada di Indonesia untuk bisa dijadikan role model kepada daerah lain.

Dr. H. Nifasri, M.Pd menilai, Kota Singkawang layak untuk dijadikan role model kerukunan karena ia melihat bahwa di Kota Singkawang, Pemerintah Daerah telah berhasil menjalin hubungan yang baik dengan para pemuka agama. Ia mengatakan bahwa negara ini tidak bisa terlepas dari Agama, dan tokoh agama adalah orang yang menjadi panutan oleh masyarakat untuk dicontoh sehingga perlu digandeng dan diajak dalam upaya menjaga kerukunan umat beragama di Indonesia. Ia percaya bahwa pada prinsipnya setiap agama membawa kebaikan, tidak ada agama apapun yang mengajarkan keburukan.

Untuk mencegah munculnya riak dan gesekan di masyarakat, masyarakat harus mampu saling menghormati sesama penganut agama lainnya dan mampu mengedepankan musyawarah dalam penyelesaian kesalahpahaman.

Ia berpesan agar masyarakat Kota Singkawang untuk terus menjaga toleransi dan kerukunan umat beragama. Jangan jadikan agama sebagai sumber konflik maupun kebencian, tapi jadikan keberagaman itu sebagai kekuatan.
Salam kerukunan! Rukun, Rukun, Rukun.

Daftar Artikel : Irwan buka kegiatan Peringatan HKG PKK ke-49 Tahun 2021