Thursday, May 2
Shadow

Wamen ATR/BPN Hadir Di Sosialisasi Pengadaan Jalan Akses Bandara Kota Singkawang

Wamen ATR/BPN
Tjhai Chui Mie Wali Kota Singkawang, Wamen ATR/BPN DR. Surya Tjandra, SH, LLM dan Sekretaris Daerah Kota Singkawang Drs. H. Sumastro, M.Si Coffee Morning bersama di Aming Cofee (28/6/2021).

ProkopimSkw – Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie, SE, MH, mengikuti kegiatan Sosialisasi Pengadaan Jalan Akses Bandara Kota Singkawang di Balairung Kantor Wali Kota Singkawang, Senin (28/6/2021).

Kegiatan dilaksanakan oleh Tim Persiapan Pengadaan Tanah untuk Pembangunan Jalan Akses Menuju Bandar Udara Kota Singkawang Provinsi Kalimantan Barat mengundang masyarakat yang terdampak dengan rencana pengadaan lahan tersebut.

Wakil Menteri ATR/BPN RI Bapak DR. Surya Tjandra, SH, LLM berkenan hadir pada acara pembukaan dan memberikan arahan di agenda tersebut.Kehadiran Wamen ATR/BPN RI di Singkawang adalah dalam rangka kunjungan kerja di wilayah Pontianak, Sambas dan Singkawang.

Dalam sambutannya beliau mendukung rencana pembangunan bandara tersebut karena beliau menilai Kota Singkawang sudah layak untuk memiliki Bandara. Karena itu beliau meminta agar perencanaan tata ruang harus dilakukan secara seksama dan terkonsep dengan baik karena ini akan terkait dengan perencanaan infrastruktur dan pembangunan Kota kedepannya. Menurut beliau, Kota Singkawang diuntungkan karena berada di posisi yang strategis karena menjadi sentral diantara Kabupaten Sambas dan Kabupaten Bengkayang yang bersinggungan pula dengan negara tetangga yakni Malaysia.

Sekretaris Daerah Provinsi Kalbar sebagai Ketua Tim yang pada kesempatan ini diwakili oleh Kepala Bagian Pemerintahan dalam sambutannya menyampaikan bahwa pembangunan secara nasional sedang dilaksanakan secara masiv tanpa terkecuali di Kalbar, beberapa jalan, jembatan, pelabuhan, kawasan perbatasan bertaraf infernasional menjadi prioritas pembangunan jangka pendek untuk mendukung Program Strategis Nasional dengan tujuan untuk meningkatkan pertumbuhan dan pemerataan pembangunan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat pertumbuhan infrastruktur.

Salah satunya adalah agenda yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Singkawang yakni pembangunan jalan akses bandara untuk mempermudah dan memperlancar distribusi barang, jasa dan orang antar wilayah di Provinsi Kalimantan Barat dari dan ke Kota Singkawang. Dengan pembangunan jalan ini diharapkan dapat mendorong efektifitas dan efisiensi transportasi antar kota di Kota Singkawang.

Lahan yang diperlukan kurang lebih 50,575 Ha dan akan dilaksanakan dengan menggunakan proses Pengadaan Tanah bagi Pembangunan untuk Kepentingan Umum sebagaimana diatur dalam UU No. 2 Tahun 2012. Berkenaan dengan itu maka dilakukan Sosialisasi kepada warga masyarakat yang akan terkena dampak pembangunan agar masyarakat dapat memperoleh informasi yang akurat dan jelas tentang rencana pembangunan jalan akses menuju Bandar Udara Singkawang.

Kegiatan ini kegiatan awal dalam proses pengadaan tanah, dalam rangka persiapan untuk menjadi dasar penetapan lokasi oleh Gubernur Kalbar. Kegiatan Sosialisasi ini adalah kegiatan pertama dalam tahapan persiapan yang selanjutnya akan diikuti pendataan awal, konsultasi publik dan penetapan lokasi. Kesleuruhan rangkaian pengadaan tanah ini ditargetkan memerlukan waktu 140 hari kerja.

Wali Kota Singkawang berharap agar masyarakat dapat mendukung serta mensukseskan rencana pengadaan tanah ini sehingga pembangunan akses jalan masuk Bandar Udara Kota Singkawang dapat berjalan lancar tanpa hambatan apapun.

Daftar Artikel : Penyerahan Bantuan Obat Terapi Covid-19 Dari Ketua Umum HKTI

Penelusuran terkait
profil wakil menteri atr/bpn,nama menteri atr/bpn,wakil menteri pertahanan,perbedaan atr dan bpn,kementerian atr/bpn,menteri atr/bpn 2020,menteri atr/bpn 2021,uraian tugas atr/bpn